Pengikut

Sabtu, 14 September 2013

Pupuk Organik Buatan Sendiri

Pupuk adalah kebutuhan pokok petani. Pupuk merupakan salah satu aspek penentu keberhasilan sebuah produksi tanaman, tanaman membutuhkan berbagai macam unsur baik dalam jumlah besar (unsur Makro) juga beberapa unsur dalam jumlah kecil (unsur mikro). Tanah yang subur tentu menyediakan berbagai unsur sebagai nutrisi dalam jumlah cukup, akan tetapi tanah yang tidak subur tidaklah demikian maka diperlukan  tambahan jumlah unsur dengan pemberian pupuk.
Pupuk yang tersedia dipasaran saat ada dua macam yaitu pupuk organik dan pupuk sintetis buatan pabrik. Petani kita telah puluhan tahun menggunakan pupuk sintetsis dengan dosis yang tidak berimbang, hal demikian berakibat negatif bagi tanah kita, tanah menjadi keras sehingga sulit diolah dan tanaman menjadi rentan terhadap penyakit kerena kelebihan unsur tertentu.


Masalah inilah yang mendorong kelompok Giri makaryo untuk bisa membuat pupuk organik sendiri, Kelompok Girimakaryo berada di Desa Giritengah Kecamatan Borobudur. Kelompok ini menyadari bahwa dibanding pupuk sinetis, pupuk Organik memiliki berbagai macam manfaat. Manfaat tersebut antara lain :
1.       Menyediakan unsur yang diperlukan tanaman baik mikro maupun mikro .
2.       Menperbaiki sruktur tanah hingga memmpermudah akar untuk mencari sumber nutrisi.
3.       Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi cacing maupun binatang lain yang berperan dalam kesuburan tanah.

Bahan untuk pembuatan pupuk ini tersedia melimpah  karena kelompok telah memiliki kandang komunal untuk kambing hingga feces kambing ataupun sisa dedunan pakan kambing selalu ada. Sebagai fermentor kelompok ini menggunakan MOL , sebuah fermentor buatan sendiri. Terbukti dengan fermentor buatan sendiri ini cukup efektif untuk menghancurkan atau mengurai bahan pupuk.
Pada tanggal 14 September 2013 anggota kelompok mengadakan acara yaitu membuat kompos dengan fermentor MOL. Usaha ini telah berjalan lancar, pupuk yang telah diproduksi laku terjual bahkan saat ini Pupuk sebanyak 30 zak telah dipesan oleh BPPK Borobudur guna kegiatan pemanfaatan pekarangan lingkungan kantor BPPK Borobudur.
Kelompok ini punya harapan besar agar usaha ini terus berlanjut sedikit atau banyak hasil keuntungan yang diperoleh semoga menjadi satu awal keberhasilan dimasa datang.

0 komentar:

Posting Komentar