Pengikut

Sabtu, 14 September 2013

Peningkatan Produksi Padi dengan SL SRI



Peningkatan Produksi Beras Nasional merupakan salah satu sasaran penyuluhan, di pundak penyuluh pertanian tujuan diharapkan akan tercapai. Akan tetapi penyuluh pertanian tak akan bisa mewujudkan hal ini secara sendirian, penyuluh harus mampu memberikan motivasi kepada petani guna merubah teknologi yang diterapkan menjadi teknologi yang dianjurkan.
Methode penyuluhan yang digunakan adalah sekolah lapang, dengan methode ini petani akan menjadi saksi bahkan pelaku teknologi yang disebut PTT(Pengelolaan Tanaman Terpadu). Petani akan diberikan teknologi budidaya baik komponen Utama maupun Komponen Penunjang. Kegiatan ini disebut SLPTT (Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu).
Pada tahun 2013 selain  SLPTT di kecamatan Borobudur juga dilaksanakan Program P2BN dengan SRI (System Of Rice Intensification). Salah satu pelaksana program ini adalah Kelompok Tani Sido Maju Susukan Desa Tegalarum. Pengubinan yang dilaksanakan tanggal 19 Agustus 2013 memperlihatkan hasil yang memuaskan, dari tiga tempat yang diubin berat gabah yang dihasilkan adalah 6,5 kg, 6 kg, 8 kg rata rata adalah 6,8 Kg. Dari berat gabah tadi jumlah produksi yang dihasilkan adalah 10.9 Ton /Ha. Produktivitas seperti ini tentu telah melebihi target kg ubinan kabupaten .
Hasil ubinan ini menunjukkan bahwa SRI (System Of Rice Intensification) terbukti berhasil meningkatkan produksi padi, juga menunjukkan hasil kerja keras penyuluh dalam menjalankan tugasnya. 

0 komentar:

Posting Komentar