Pengikut

Kamis, 11 Juni 2015

PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN


Sekretariat Kelompok

Ketahanan pangan adalah persoalan vital bagi suatu negara. Jika kondisi  pangan tidak aman maka kestabilan negara juga ikut terancam. Ketahanan pangan terjamin bila persediaan pangan tercukupi oleh negara tanpa harus mengimpor pangan dari luar negeri, kebijakan impor pangan berdampak negatif bagi kestabilan harga tingkat petani dan tentu merugikan negara karena mengurangi cadangan devisa.

Khabib Musoleh selaku Penyuluh pendamping memberikan pengarahan
Ketahanan pangan lingkup terkecil adakah lingkungan keluarga. Pemerintah mengajurkan pola konsumsi pangan dengan menu B2SA Bergizi Beragam Sehat dan Aman.  
Dalam rangka mendukung program konsumsi pangan dengan menu B2SA  Kelompok Wanita Tani Sekar Arum Dusun Kedungrengit mengadakan lomba kuliner bagi anggota kelompok pada hari Kamis tanggal 4 juni 2015 . Lomba ini didikuti oleh anggota kelompok dengan membentuk 4 kelompok kecil.
Lomba kuliner didukung penuh oleh penyuluh pendamping desa Tegalalrum  Khabib Musoleh. Team Juri dihadirkan dari LPK POPBAYO juga dari BPPK Kec. Borobudur yaitu Sri Suharti dan Julia Premana Dewi.  
Penyerahan Hadiah Lomba
Even ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentngya menu B2SA juga moment yang tepat untuk meningkatkan penggunaan pekarangan sebagai sumber gizi bagi petani dan keluarganya. Demikian sambutan dari Sri Suharti. Komarudin sebagai pengurus kelompok mengatakan bahwa event ini juga sebagai tanda syukur telah terbangunnya tempat pertemuan kelompok sekaligus nanti diharapkan menjadi lokasi Demplot pemanfaatan Pekarangan.
Penjurian oleh team BPPK Kec.Borobudur
BPPK Borobudur meyambut baik lomba ini karena baru kali ini ada kelompok tani mengadakan lomba kuliner secara mandiri. Diharapkan dari sini muncul embrio Kawasan Rumah Pangan Lestari yang berdampak positif bagi kelompok tani di desa Tegalarum khususnya dan kecamatan Borobudur pada umumnya.
Penilaian oleh LPK POPBAYO Muntilan

0 komentar:

Posting Komentar